NARKOBA atau NAPZA + Efek Negatifnya

Posted: May 3, 2011 in NAPZA

Teman-teman,,…diartikel ini,,,,,,.qT akn menjlaskan mengenai beberapa jenis NARKOBA atau NAPZA dan Efek negatif yang ditimbulkannya………………..!
So,.lEt’S CekidoT,,,,,,,,,,,,,.

1.    KOKAIN
Kokain merupakan alkohol yang didapatkan dari tanaman belukar erythroxylon coca, yang berasal dari Amerika Selatan. Sebelumnya,daun tanaman belukar tersebut biasa dikunyah oleh penduduk setempat untuk mendapatkan efek stimulan. Cocaine hydrocheoride merupakan zat perangsang yang sangat kuat yang terbentuk dari kristalisasi bubuk puutih yang disuling dari daun coca. Efek utama yang ditimbulkan dari penyalahgunaan kokain ini, antara lain sebagai berikut :
o    Denyut jantung cepat.
o    Euforia (rasa gembira yang berlebihan).
o    Kejang.
o    Pupil (manik mata) melebar.
o    Tekanan darah meningkat.
o    Berkeringat (dengan perasaan dingin).
o    Muntah (mual).
o    Mudah berkelahi.
o    Pendarahan otak.
o    Penyumbatan pembuluh darah.

2.    GANJA
Ganja sering pula disebut dengan cannabis, yakni sejenis tanaman yang dikeringkan yang mengandung zat delta 9, yakni tetrahydrocannabinol (THC). Istilah yang sering digunakan untuk menyebutkan istilah ganja ini antara lain adalah rumput, grass, gele, daun jayus, gum, cimeng, marijuana, dan lain-lain. Efek yang dapat ditimbulkan dari penyalahgunaan ganja ini, antara lain sebagai berikut :
o    Hilangnya konsentrasi (suka bengong).
o    Peningkatan denyut jantung.
o    Kehilangan keseimbanagn.
o    Rasa gelisah dan panik.
o    Serimg menguap (mengantuk).
o    Cepat marah (tempramental).
o    Perasaan tidak tenagn dan tidak bergairah.

3.    HEROIN
Heroin (diamorphine) adalah candu yang berasal dari opium poppy (papaver somniverum). Heroin dapat berbentuk serbuk putih, sekalipun biasanya ditemukan juga warna kecokelatan. Heroin biasanyan dapat dikenal dengan istilah hero, scag, gear, smack atau horese. Candu atau heroin merupakan zat kebal tubuh (analgesik) yang efektif dengan pengaruh penenang diri atau (sedatif).   Tetapi, candu pun dapat mengakibatkan efek negatif, yang antara lain adalah :
o    Tertariknya bola mata (miosis)
o    Mengalami mula-mual
o    Muntah
o    Gatal-gatal
o    Perasaan tegang
o    Hidung dan mata berair

4.    PUTTAW
Puttaw merupakan sejenis heroin dengan kadar yang lebih rendah (heroin kelas lima atau enam). Zat ini berasal dari opium. Istilah yang kadang digunakan untuk menyebutkan nama narkotika ini adalah putih, white, bedak, pete atau etep. Jenis obat yang masuk dalam kategori puttaw ini adalah banana, dan snow white yang berbentuk bubuk putih samapi cokelat tua atau dapat pula berbentuk cair atau larutan. Efek negatif yang ditimbulkan dari akibat mengkomsumsi puttaw ini, antara lain sebagai berikut :
o    Terlihat sayu matanya
o    Pupil mata melebar atau mengecil
o    Disforia (rasa sedih tanpa sebab)
o    Lemah tidak bertenaga/lesu, sering mengantuk/tidur
o    Bicara cadel
o    Mual-mua, dan bersikap pendiam
o    Daya ingat turun
o    Pemarah
o    Sulit untuk berkonsentrasi
o    Banyak bicara melantur
o    Apatis
5.    ALKOHOL
Alkohol merupakan jenis minuman yang mengandung unsur kimia etil alkohol atau etanol yang juga sering disebut dengan grain alcohol. Etil alkohol atau etanol berbentuk cairan jernih, tidak berwarna dan rasanya pahit. Alkohol dapat diperoleh dari hasil fermentasi (peragian) oleh mikroorganisme dari gula, sari buah, biji-bijian, madu, umbi-umiban dan getah kaktus tertentu. Efek negatif yang muncul akibat dari penyakahgunaan alkohol ini adalah sebagai berikut :
o    Berkurangnya kemampuan hati dalam mengoksidasikan lemak
o    Menimbulkan kanker
o    Menyebabkan gangguan fungsi hati
o    Kecenderungan melakukan tindakan kriminal
o    Rentan terhadap infeksi
o    Hipertensi atau tekanan darah tinggi

6.    SHABU-SHABU
Shabu-shabu adalah sebutan untuk zat atau bahan methamphetamine. Obat ini dapat ditemukan dalam bentuk kristal, tidak mempunyai warna maupun bau. Shabu-shabu juga dikenal dengan istilah ice yang mempunyai pengaruh kuat terhadap saraf. Pengguna shabu-shabu akan memiliki ketergantungan yang sangat tinggi pada obat ini dan akan berlangsung lama,bahkan bisa mengalami sakit jantung atau bahkan kematian. Istilah lain yang sering digunakan untuk menyebut nama shabu-shabu ini, antara lain adalah ice, kristal, ubas, SS, mecin, glass, quartz, hirropon. Efek yang ditimbulkan dari penyalahgunaan shanu-shabu ini adalah :
o    Impotensi
o    Halusinasi
o    Kerusakan pada anggota tubuh seperti pada liver, lambung, jantung, ginjal
o    Sariawan yang parah
o    Pupil mata melebar
o    Tekanan darah naik
o    Keringat berlebih dengan rasa dingin
o    Mual dan muntah
o    Agitasi Psikomotor (hiperv aktif “Tripping”)
o    Bicara melantur
o    Penyimpangan seks
o    Sukar tidur (insomnia)
o    Hilanng nafsu makan
o    Kematian

7.    EKSTASI (ECSTASY)
Ekstasi merupakan obat bius yang diracik secara
ilegal dalam bentuk kapsul atau tablet. Ekstasi ini sering digunakan untuk menahan kantuk hingga dapat membuat tubuh memiliki energi yang melebihi kemampuan tubuh sebenarnya dan juga bisa mengalami dehidrasi yang tinggi. Nama lain dari ekstasi ini adalah inex, kucing, jenisnya yaitu appel, aladin, electric, gober, butterfly, yang berbentuk pil atau kapsul yang berisi 3-4 methylendioxy methamphemine (MDMA). Efek yang ditimbulkan dari penyalahgunaan ekstasi ini, antara lain sebagai berikut :
o    Hiperaktif
o    Rasa haus yang sangat
o    Sering pusing
o    Gemetar
o    Detak jantung yang cepat
o    Rasa mual dan muntah
o    Kehilangan nafsu makan
o    Mata sayu dan pucat
o    Dehidrasi
o    Menggigil tak terkontrol
o    Gangguan pada liver, tulang, gigi, saraf, dan mata
o    Daya ingat menurun
o    Saraf otak rusak
o    Sulit konsentrasi

8.    AMPHETAMINE
Amphetamine merupakan salah satu obat bius yang dapat ditemukan dalam bentuk pil, kapsul, ataupun bubuk. Obat bius ini sebenarnya berguna untuk menstimulasikan mood pengguna menjadi tinggi. Nama lain dari amphetamine ini adalah speed, whizz, billywhizz, pep pills, dan lain-lain. Efek yang dapat ditimbulkan dari penyalahgunaan obat bius jenis amphetamine ini, antara lain :
o    Berat badan menurun
o    Terlihat seperti kurang tidur
o    Tekanan darah tinggi
o    Detak jantung cepat dan tidak beraturan
o    Mengalami rasa takut
o    Sering pingsan karena kelelahan
o    Gelisah

9.    INHALANT ABUSE (INHALEN)
Inhalen merupakan senyawa organik yang berwujud gas atau zat pelarut yang mudah menguap. Penggunaan obat ini membawa efek pada terhambatnya pertumbuhan dan perkembangan otot-otot, urat saraf, dan organ tubuh yang dapat menimbulkan permasalahan sumsum tulang, bahkan dapat menyebabkan mati mendadak yang disebabkan denyut jantung mendadak menjadi cepat, tidak beraturan dan akhirnya terjadi gagal jantung. Pengguna obat bius bius ini dikenal dengan sebutan “ngelem”. Efek yang ditimbulkan dari penyalahgunaan obat bius inhalen ini, antara lain :
o    Ingatan dan daya pikir berkurang
o    Mudah mengalami pendarahan dan luka
o    Kerusakan pada sistem saraf utama, liver dan jantung
o    Sakit perut
o    Sakit bila sedang buang air kecil
o    Otot-otot cepat keram
o    Sering batuk

Leave a comment